Friday, June 12, 2009

jadiii....

Do believe in fate? destiny? Or apa pun sebutannya itu?
Banyak orang pasti akan langsung mengangguk yakin, beberapa samar-samar menggeleng, dan yang lain diam saja entah iya tidak atau dia masih bingung dengan apa itu yg namanya fate.
Gue? Termasuk ke dalam golongan yang sudah tidak percaya lagi dengan istilah fate atau takdir itu. Dikatakan sudah karena saia pernah mencoba untuk percaya dan sayangnya berakhir dalam keadaan terpuruk yang amat sangat dalam kubangan harapan dan muntah tiap kata itu melintas dalam benak. Hahahaha..
Beberapa bulan terakhir ini gue banyak sekali berpikir. Dari kejenuhan pacaran LDR yg gatau dimana ujungnya sampe apa sebenernya esensi hidup ini. Hahahahaha... kinda deep shit.. hehe.. jadi pengen belajar filsafat.. atau lebih cocok jadi pesakitan aja sekalian? Hah? Ada-ada aja.. tapi yah gue pernah buka topik ini di forum dan as i thought pasti dapet tanggepan yang macem2.. well, since gue uda terbiasa ditanggepin dengan lebih aneh lagi kalo gue lagi berpendapat jd ya gue uda santai aja.
Hehe.. btw, some people says that u live in one single path of ur destiny.. fate…
Buat gue itu sama artinya lu jalan di jalan di suatu area yang ga pernah lu datengin sebelumnya. Lu gatau ujungnya..jangankan ujungnya, satu inci di depan lu aja lu gatau apa itu. Life is such a mistery.. nice.. itu msh tentang life nya, bukan tentang destinynya.
So?
Destiny.. takdir…beda ga sama nasib? Kata mama loren sih beda.. takdir adalah sesuatu yang uda ditentukan untuk kita jalanin dan nasib sesuatu yang juga udah ditentukan tapi bisa diubah..
Lho? Gue melihat semua itu sangat absurd dan membingungkan. Kalo nasib orang ada yang tau, ngapain juga pada susah2 ngoyo dalam jalanin idup.. tinggal jalan menuju nasib itu kan? Tapi kenyataannya adalah orang dengan seenak jidat nyalahin kondisi yang dia jalanin dengan bilang..’ya nasib gue emang gini.. mau apalagi coba’
Weits! Bisanya nyalahin nasib..padahal yah nasib itu konklusi atau hasil dari apa yg kita upayakan untuk terjadi dalam hidup. Gada hubungannya dengan ‘sumthin yg akan terjadi di masa depan dan kita tebak2 buah manggis trus terima aja deh.. atau hal yg emang udah ada khusus buat kita. Mmm.. aga nyerempet ke takdir yah.. hmm..gue pernah bingung sama dua hal itu. Gue mikir apa dengan gue diem aja itu takdir n nasib bakal nyamperin gue? Pastinya bisa dibilang iya donk yah.. dan apa dua hal itu kejadian dalam satu waktu atau dalam semua tahapan proses yang kita jalanin sehari2 di hidup kita?
Misalnya nih ya.. apa hal kaya ‘tadi pagi gue mencret trus migren’ itu adalah takdir? Atau nasib? Trus mati lampu apa itu takdir? Atau nasib? Trus ada kecelakaan persawat.. apa itu takdir? Atau nasib? Jawabannya adalah relatif..
Gue bisa bilang hal gue mencret n migren tu nasib atau akibat karena gue malemnya begadang, masuk angin jadinya gitu. Mati lampu? Itu juga karena kondisi yang ngebuat jadi gitu.. kerusakan mesin pembangkit listrik salah satu sebabnya. Dan itu pun bisa banyak faktor kenapa jadi gitu kan.. nah kalo kecelakaan pesawat? Itu juga ada sebabnya. Baik itu secara teknis atau emang human eror. Sekali lagi manusia bisa melakukan sesuatu untuk memilih. Dan kondisi2lah yang akan mempengaruhinya. Misalkan kaya herkules yag jatuh kemarin. Kondisi pesawat yang rentan kecelakaan dan komersialisme jasa penerbangan pesawat tersebut merupakan salah satu faktor dari faktor2 lain yang ada hingga pesawat itu jatuh dan bikin banyak orang tewas.
Ada yang bilang ‘tapi kan semua itu kita ga pernah mau seperti itu’
Itu bisa aja benar, tapi sekali lagi kita selalu dihadapkan dengan pilihan. Setiap detik dalam hidup kita dihadapkan dengan pilihan yang uda sepaket dengan kondisi yang bakal ditimbulkannya. Beberapa orang menyebutnya resiko, konsukuensi, nasib, atau yang lainnya itu. Singkatnya sih ada sebab ada akibat..
Lalu seorang teman menceritakan takdirnya yang harus ngalamin berantem dan pisah beberapa tahun dulu baru ketemu lagi dan jadian.
Bagaimana pun mereka mengatakan itu takdir, engga buat gue. Gue berpikir itu bukan takdir. Tapi hasil dari apa yang mereka lakukan dengan tetap dipengaruhi kondisi di sekitar mereka. Bisa aja mereka ga berantem, tapi mereka memilih untuk berantem dengan sadar. Kalo ga sadar mah misalnya lagi ngelindur atau lagi dihipnotis. sampe mereka ketemu lagi di suatu waktu. Waktu ketemu lagi itu pun mereka bisa aja kan menolak untuk deket, tapi engga. Mereka milih bareng2 terus dan kondisi2 tertentu menciptakan chemistry di antara mereka dan beberapa hal menstimulasi mereka untuk mengambil langkah yang memang harus mereka putuskan sendiri. Jadilah mereka jadian. See? Semuanya dibuat oleh tangan mereka sendiri. Dan hal itu juga berlaku ke semua orang.
Di gue juga begitu. Gue memandang hidup gue sebagai suatu ruangan dengan banyak pintu yang tiap-tiap pintu itu bercabang warna-warni dan banyak banget. Percabangan pintu2 itu adalah semua kemungkinan yang akan terjadi atas semua pilihan yang terpampang di depan mata dalam ruangan hidup ini. Tentu aja di balik pintu itu gada yang tahu. Kecuali gue lagi dapet hadiah lebih dari yang punya hidup.
Kadang gue tahu. Dikasih bocorannya dikit. Hehe..
Ngomong2 tentang si empunya hidup... im not atheis yet. Hehe..
Dulu gue selalu main tebak2an sama Dia dan semakin sering tebak2an gue jadi pusing sendiri dan memutuskan untuk ga ambil pusing dan santai aja. Akhirnya ya gini nih.. gue menolak adanya takdir dan buat gue takdir Cuma bisa digambarkan tanpa bisa didefiniskan dengan jelas. Kondisi2 seperti itu semuanya relatif dan terserah kita mau memandangnya gimana. So far memang gue masih percaya kondisi2 yang ada itu kerjaan si tangan tidak terlihat. Tapi meski pun begitu kondisi atau kerjaan tangan tidak terlihat itu tetep ga bakalan ngefek kalo kita ga milih. Jadi tetep kita yang ambil andil besar dalam hidup yang kita jalanin.
Gue pernah berkeras untuk merencanakan hidup ke depan gue dan pacar suatu hari. Gue mencoba membangun harapan dan menyambut takdir. Hahahaha.. what a..
Karena hubungan ini memang sulit dan dia sudah meyakinkan gue untuk tidak akan menikah dengan gue atau apalah itu namanya, akhirnya gue berhenti berharap. Berhenti berharap.
Kelihatannya kekanak-kanakan ya? Tapi ya gitu deh.. percuma berencana tapi ketika berusaha sedemikian rupa pun ga bakalan jadi kaya gitu. Apa mungkin ada kondisi yang akan mendukung sampe kaya gitu atau mengubah jadi ke sana? Nobody knows. Meski pun gue ga tahu tapi tetap masih ada kesempatan buat gue dan dia untuk milih. Mau mengubahnya atau engga. Mau jalanin atau engga.

Masalah gue berpatner dengan seorang cewe pun juga bukan takdir. Gue melihatnya sebagai salah satu pintu yang gue pilih untuk gue buka. Di pintu itu jelas2 ada jendela kaca kecil dan gue bisa liat dia dari situ. Karena gue milih untuk ngebuka pintu itu, maka sampai saat ini gue masih sama dia sedang dalam satu ruangan lain dengan banyak pintu di dalamnya dan siap memilih untuk membuka pintu yang mana lagi. Dan gue akan bertanya sama dia, ‘mau jalanin yang mana?’
Di lain hal beberapa orang berpikir semua itu ga bisa dijelaskan dan mendingan cari kambing hitam.
Ada lagi yang nanya’ terus lu nyalahin sapa?’
Gue jawab ga nyalahin sapa2. ga ada yang bisa disalahin. Dulu sih gue nyalahin nyokap gue.. tapi gue pikir2 lagi ini kan hidup gue.. I live on my own.. ngapain juga gue nyalahin orang lain. Kalo lu main salah2an, lu sama aja kaya ibu2 bego yang nyalahin kodok waktu anaknya jatoh pas lagi main. Padahal jelas2 si kodok gatau apa2.. ngelakuin sesuatu yang criminal aja ga.. bahkan belum tentu dia ada di TKP.. orang2 aja yang suka tau2 nyalahin objek lain yang sebenernya gada sangkut pautnya sama sekali. Kasian kan si kodok. Apa kita juga kaya gitu? Main nyalahin orang lain, nasib atau malah percaya dapet takdir yang emang begitu adanya?
Dengan ga percaya takdir gue bisa lebih leluasa untuk berpikir ke depan untuk kemajuan gue sendiri dan ga menggantungkan diri sama harapan2 dalam takdir itu. Ogah gue percaya begituan lagi. Dan gue juga ga nyalahin orang lain atau diri gue atas pilihan yang gue ambil. Ini hidup gue jadi ya terserah gue. Mau gue nurut sama pilihan pintu dalam aturan2 norma2 dalam keluarga dan masyarakat atau engga itu urusan gue. Akibatnya pun nantinya gue yang jalanin jadi ya yang lain nonton dan diem aja. Lagipula yah.. gue pikir..
Udah saatnya kita untuk berhenti nyalahin orang lain dan jalan dengan pilihan hidup yang kita jalanin. Bener atau salah itu relatif. Ga bakalan seru kalo semuanya sama, makanya tiap orang ada baiknya milih jalan yang beda2..hehe..
be proud with ur life.. and don’t let anyone bring u down.. halah kaya lagu aja.. hihi..


peace ah...mmuah! XD

0 comments:

  © Blogger template 'Minimalist E' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP